Pembuatan pogram permainan sederhana
Assaalamualaikum di sini kita akan membuat permainan
sederhana yang bernama permainan Gunting, Batu, kertas. Permainan tersebut
mudah kita buat dengan memanfaatkan perkondisian hal demikian yang dapat
membuat permainan tersebut berjalan maka langkah dari awal nya iyalah kita
akan membuat sintaks nya untuk di eksekusi di terminal CMD pc teman-teman
dengan menggunakan bahasa python.
silahkan teman teman perhatikan sintak di bawah ini:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 |
import os import colorama from colorama import Fore, Style, Back from random import choice class permainan: nilai_user = 0 # sebagai nilai Awal nilai_komputer = 0 # sebagai nilai musuh def __init__(self, nama): self.nama = nama def mainkan(self, user, komputer): ''' keterangan dalam permainan angka (1) -> gunting angka (2) -> batu angka (3) -> kertas ''' if user == 1 and komputer == 1: print(Fore.YELLOW) print("Anda seri dengan komputer") print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) elif user == 1 and komputer == 2: print(Fore.RED) print('Anda kalah dengan komputer') self.nilai_user -= 10 self.nilai_komputer += 10 print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) elif user == 1 and komputer == 3: print(Fore.GREEN) print("Anda menang dengan komputer") self.nilai_user += 10 self.nilai_komputer -= 10 print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) elif user == 2 and komputer == 1: print(Fore.GREEN) print("Anda menang dengan komputer") self.nilai_user += 10 self.nilai_komputer -= 10 print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) elif user == 2 and komputer == 2: print(Fore.YELLOW) print("Anda seri dengan komputer") print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) elif user == 2 and komputer == 3: print(Fore.RED) print("Anda kalah dengan komputer") self.nilai_user -= 10 self.nilai_komputer += 10 print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) elif user == 3 and komputer == 1: print(Fore.RED) print("Anda Kalah dengan komputer") self.nilai_user -= 10 self.nilai_komputer += 10 print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) elif user == 3 and komputer == 2: print(Fore.GREEN) print("Anda menang dengan komputer") print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) elif user == 3 and komputer == 3: print(Fore.YELLOW) print("Anda seri dengan komputer") print("nilai {} masih : {} dan nilai komputer : {}".format( self.nama, self.nilai_user, self.nilai_komputer)) print(Style.RESET_ALL) # pemanggilan main = permainan("Dzaky") ulang = 'y' nilai_komputer = [1, 2, 3] while ulang == 'y': print("Silahkan Pilih yang anda inginkan !!") print("(1) -> Gunting") print("(2) -> Batu") print("(3) -> kertas") user = int(input("pilih : ")) komputer = choice(nilai_komputer) os.system('cls') print("=========================================") main.mainkan(user, komputer) print("=========================================") ulang = input("Apakah anda mau bermain lagi [y/t] : ") os.system('cls') print(Fore.LIGHTYELLOW_EX) print("========================") print("Terimakasi sudah bermain") print("========================") print(Style.RESET_ALL) |
Maka pada sintak di atas merupakan penerapan permainan
gunting, batu, kertas dengan memanfaatkan bahasa python dengan adanya
atribut penambahan nilai disana maka kita dapat membuat siapa pemenangnya
dan dapat enjoy memainkan nya nanti. berikut output dari hasil sintak
permainan tersebut.
OUTPUT GAMBAR
a. gambaran pertama
yang mana pada area tersebut merupakan inputan kita yang bernilai intejer yang
sesuai dengan keterangan di atas yaitu 1 adalah gunting, 2 adalah batu, 3
adalah kertas.
b. gambar kedua
pada bagian ini apa bila sudah kita inputkan nilai 1 sampai 3 maka permainan
tersebut akan memberikan balasan di pc tersebut untuk merespon dan lakukan
secara berulang apa bila kita menginginkan permainan kembali dengan mengkelik
'y'.
d. gambar ketiga
kemudian pada bagian ini merupakan hasil akhir dari permainan tersebut dan anda telah menyelesaikan permainan tersebut.
jadi pada permainan kali ini yang saya buat semoga dapat
membantu teman teman untuk menyukai dan belajar perkodingan sekian dari saya
dan terimakasi.
=========================================================================
#coding
#pogram
#teknologi
Tags:
pendidikan